Thursday, October 7, 2010

Trik Kurangi Porsi Makan


Anda pasti sudah tahu kalau makan tidak boleh berlebihan. Pasalnya, tidak hanya membuat berat badan meningkat tetapi juga berdampak negatif bagi kesehatan. Agar porsi makan Anda lebih sedikit, cobalah kontrol asupan makan dengan cara berikut.


1. Minum air putih sebelum makan
Apakah Anda minum delapan gelas air setiap hari? Anda harus memastikan apakah Anda lapar atau haus. Banyak orang yang sebenarnya haus tetapi ia malah makan. Untuk menghindarinya, penuhi selalu kebutuhan air minum Anda. Lalu, sebelum makan minumlah segelas air dan tunggu 15 menit. Cara ini bisa membuat perut lebih cepat kenyang dan makan lebih sedikit.

2. Makan sering
Anda bisa memecah waktu makan menjadi lima kali. Tetapi, dengan porsi yang lebih sedikit. Konsumsi juga camilan sehat seperti buah dan kacang-kacangan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

3. Nikmati makanan 

Usahakan untuk memanfaatkan waktu makan dengan baik. Nikmati setiap suapan makanan. Letakkan sendok dan garpu dan kunyah hingga makanan benar-benar halus baru telan. Hal ini membuat sistem pencernaan lebih mudah bekerja dan Anda merasa kenyang dengan puas. 

4. Jangan makan sampai kekenyangan
Secara alami, tubuh akan memberitahu Anda saatnya untuk berhenti makan. Tetapi, dibutuhkan hampir 20 menit untuk makanan dicerna oleh sistem pencernaan dan otak Anda tahu bahwa Anda merasa kenyang. Sebelum Anda merasa kenyang, berhenti sebentar selama beberapa menit sambil makan dan lihat perubahan dari lapar menjadi kenyang.

5. Pilih makanan berpotongan kecilSaat mengambil makanan pilihlah yang berukuran kecil. Porsi makanan yang besar, membuat Anda sering terpaksa untuk menghabiskannya. Jadi, jangan sampai Anda menghabiskan makanan meskipun perut sudah sangat kenyang. 



sumber:http://kosmo.vivanews.com/news/read/148326-trik_kurangi_porsi_makan

0 comments:

Post a Comment