Sunday, January 23, 2011

Kenapa di sebut Kembang Sepatu

Kembang Sepatu

Asal mula nama kembang sepatu dikarenakan pada awalnya di India, Jamaika, dan beberapa Negara Afrika kembang sepatu digunakan untuk menyemir sepatu.
Kembang sepatu mempunyai nama latin Hibicus Rosa-sinensis yang artinya mawar cina, karena kembang sepatu memang berasal dari cina dan juga dari Negara-negara Asia dan Pasifik.
Kembang sepatu termasuk jenis tumbuhan tropis dan sub tropis, karena kembang sepatu tidak tahan dingin.
Kelopak kembang sepatu biasanya berjumlah 5, lebarnya sekitar 10 cm sampai 12 cm. Ada juga yang sampai 20 cm. Kelopaknya memiliki beragam bentuk, ada yang seperti kincir angin, roda, jambul burung, cangkir dan lainnya.
Kelopaknya berwarna-warni seperti merah, pink, kuning, oranye, putih, dan krem. Uniknya dalam satu pohon warna bunganya bisa berbeda-beda. 
Kembang sepatu menjadi bunga nasional di Hawai dan Malaysia. Di Malaysia kembang sepatu disebut bunga raya. Kelopaknya yang merah menyimbolkan keberanian orang Malaysia, dan kelopak kembang sepatu yang berjumlah 5 menyimbolkan rukun Negara yaitu pedoman Negara Malaysia.
Manusia memanfaatkan bunga, daun, dan akar kembang sepatu untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Misalnya, demam, sakit kepala, batuk, dan lainnya.

0 comments:

Post a Comment